KKN UNS mengajak karang taruna Desa Bomo untuk Berperan Aktif dalam usaha Digitalisasi UMKM Loka

Administrator 20 Agustus 2018 11:44:02 WIB

Menghadapi tantangan era distrupsi, mahasiswa KKN UNS mengajak Karang Taruna Desa Bomo untuk berperan aktif dalam usaha digitalisasi UMKM pada Senin (06/08/18) pukul 07.30 sampai selesai. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membuat UMKM go online, terutama untuk kalangan muda seperti anggota Karang Taruna.

Digitalisasi UMKM merupakan langkah-langkah bagi pelaku usaha untuk membuat bisnisnya masuk ke dunia digital. Alasan mengapa proses ini sangat diperlukan yaitu diantarannya sebagai jawaban tantangan era distrupsi, UMKM mampu menunjang ekonomi nasional hingga 68 % (Kompas.com/24/3/2018), ada sekitar 59,9 juta UMKM di Indonesia, namun baru 3,97 % saja yang online. (Kompas.com/24/3/2018), dan sebagai langkah menjuju Visi 2020: Indonesia Digital Energy of Asia.

Langkah-langkah digitalisasi UMKM cenderung sejalan dengan proses marketing yang dirumuskan oleh ontopvisibility.com yaitu: 1) Webpage, 2) Search Engine Optimization (SEO), pembuatan konten kreatif, email marketing, sosial media, dan iklan berbayar. M.Fathurridho, sebagai penmbicara dalam kegiatan ini memberikan beberapa contoh layanan internet yang dapat menunjang kegiatan digitalisasi UMKM ini, seperti Listing di Google Bisnisku, layanan iklan seperti Google Adsense dan Google Adword, dan layanan penelusuran tren masyarakat global di Google Trends.

Akhirnya acara pun berakhir pada pukul 08.20 malam lalu dilanjutkan dengan rapat Karang Taruna dengan topik lomba voli antar dusun. Diharapkan peserta dapat mempraktikkan dan mencari tahu lebih banyak lagi tentang kegiatan ini, agar UMKM di desa Bomo dapat terus berkembang.

Komentar atas KKN UNS mengajak karang taruna Desa Bomo untuk Berperan Aktif dalam usaha Digitalisasi UMKM Loka

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi BOMO

tampilkan dalam peta lebih besar